Friday 2 November 2012

Pengertian NFC dan Manfaatnya

penjelasan lengkap tentang teknologi NFC, apa itu NFC dan gunanya untuk apa?

Banyak ponsel khususnya smartphone yang sudah memiliki fitur NFC, tapi apa sih yang dimaksud dengan NFC? lalu bagaimana bentuk dan wujud serta kegunaan NFC sendiri?

Sejarah dan awal mula terbentuknya teknologi NFC
NFC sendiri berawal dari adanya forum Near Field Commmunciation yang beralamatkan di www.nfc-forum.org/home dan didirikan pada tahun 2004. Ini adalah suatu asosiasi non profit yang bertujuan untuk menerapkan standarisasi, mengimplementasikan serta mempromosikan teknologi NFC. Saat ini, anggota forum sebanyak 160 orang dan terdiri dari perusahaan manufaktur pengembang dan lembaga keuangan.

Singkatan NFC
NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, yaitu suatu teknologi yang merupakan pengembangan dari teknologi kartu Radio Frequancy Identification (RFID).

Secara prinsip RFID sendiri memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM, hanya saja bedanya untuk melakukan suatu pembayaran kartu RFID tidak perlu digesek melainkan hanya perlu didekatkan saja nanti akan terbaca dengan sendirinya oleh alat yang disebut sebgai reader. Di Indoensia sendiri, kartu RFID sudah banyak dipakai pada alat pembayaran tol berupa e-toll card.

penjelasan lengkap tentang teknologi NFC, apa itu NFC dan gunanya untuk apa?


Ponsel dengan Teknologi NFC
Sementara itu pada ponsel yang sudah ditanamkan teknologi NFC maka ponsel dapat bertidak sebagai alat pembayaran dan juga bertidak sebagai reader. Unruk pertama kalinya NFC juga akan diintegrasikan dengan kartu SIM yang memungkinkan operator ponsel untuk memasukkan layanan NFC langsung ke kertu itu sendiri.
Lihat daftar ponsel apa saja yang mendukung NFC disini
Dalam hal ini akan memudahkan pertukaran data antar perangkat seperti memindahkan file gambar, data, dengan cara yang lebih sederhana dan nyaman.

Dan dalam hal penggunaan lain seperti informasii kartu kredit dapat dengan aman disimpan pada kartu SIM. Selain itu hanya cukup mendekatkan perangkat nobile dengan mesin terminal pembayaran maka proses pembayaran dilakukan dengan cepat dan lebih sederhana.

Sema perangkat NFC memungkinkan untuk membaca dan menulis informasi pada kecepatan tinggi (424kbps). Koneksi NFC terjadi ketilka ada sambungan antar perangkat kompatibel dengan bluetooth dan WiFi. Karena cara dan fungsi yang sangat terbatas itu, maka akan menjamin komunikasi antar perangkat yang aman dari kehilangan data.

Fungsi dan Penerapan Teknologi NFC dewasa ini
  • Pembayaran kartu kredit yang terintagrasi dengan perabngkat mobile
  • Pembayaran tiket elektronik untuk keperluan transportsai
  • Dokumen elektronik probadi
  • Download dat asesuai jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api
  • Pembayaran tiket penerbangan dan pemesanan hotel
  • Musik dan downlaod foto kamera, ponsel dan pembaca multimedia
  • Koneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mnudah antara perangkat nirkabel

Dengan teknologi NFC, akan membuat hidup jadi ringkas dan nyaman karena lebih mudah melakukan transaksi, pertukaran konten digital dan penguhubung antar perangkat elektronik.

sumber: Tabloid Pulsa

No comments:

Post a Comment