Wednesday 24 October 2012

iPad 3 ditarik, iPad 4 unjuk gigi

perbedaan iapd 3 dengan iapd 4, kenapa ipad 3 discontinue?, lebih jauh tentang ipad 4 terbaru

Bersamaan dengan iPad mini, ternyata Apple juga memperkenalkan iPad generasi baru yang dinamakan iPad 4. Hal ini tentu sangat janggal mengingat iPad 3 atau disebut sebagai new iPad saja baru 6 bulan diluncurkan, dan ternyata Apple punya motif lain, apa itu?

iPad 3, yang dikenal dengan nama New iPad, diganti dengan iPad 4 yang kini mengusung nama resmi "iPad with Retina Display". Bahkan, di situs web resmi Apple, iPad 3 sudah ditiadakan. Jajaran produk iPad yang ada sekarang hanyalah iPad 2, iPad with Retina Display, dan iPad Mini.

Setidaknya, ada 3 alasan mengapa Apple memperbarui iPad 3. (Untuk mempermudah penyebutan, nama New iPad dan iPad with Retina Display selanjutnya disebut iPad 3 dan iPad 4).

Berikut ini adalah perbedaan iPad 3 dengan iPad 4

Prosesor jenis baru
iPad 4 menggunakan prosesor A6X, sedangkan iPad 3 memakai A5X. Kedua prosesor ini menggunakan CPU (Central processing unit) dual core, dan GPU (Graphics processing unit) quad core. Selain itu, keduanya juga menggunakan desain SoC (System-on-a-Chip), yang menggabungkan CPU dan GPU dalam die yang sama.

Namun, Apple mengklaim performa A6X lebih cepat dua kali lipat dibanding A5X.

Dilengkapi dengan Lightning Connector
Perangkat mobile Apple kini memiliki dock konektor standar baru, berukuran 8 pin, dan diberi nama Lightning Connector. Lightning Connector kini digunakan di iPhone 5 dan iPod touch generasi 5.

iPad 3 masih menggunakan dock konektor berukuran 30 pin. Karena itulah, Apple menggantinya dengan iPad 4 yang telah memakai Lightning Connector. Keputusan ini diambil demi menjaga ekosistem perangkat mobile Apple di masa depan.

Jaringan LTE lebih luas
Ketika mengumumkan iPad 3 Maret lalu, Apple menginformasikan bahwa iPad 3 hanya mendukung jaringan 4G LTE di Kanada dan Amerika Serikat. Begitu tablet ini mulai dipasarkan, Apple mendapat banyak kritik lantaran pengguna di beberapa negara, termasuk Australia, tidak dapat terkoneksi ke jaringan 4G LTE dari iPad 3 mereka. Apple bahkan dituding membohongi publik Australia.

Belajar dari banyaknya protes ini, Apple nampaknya tak ingin mengecewakan calon pembeli iPad selanjutnya. Apple memperluas dukungan jaringan 4G LTE pada iPad 4, agar tablet ini bisa digunakan di banyak negara.

Inilah 3 alasan mengapa Apple mengambil keputusan yang mungkin mengecewakan sebagian besar pemilik iPad 3. Apple meyakinkan, pihaknya hanya melakukan pembaruan pada 3 komponen di atas. Tak ada perubahan pada spesifikasi perangkat keras lainnya, begitu juga dengan desainnya.

Nah, seperti itulah alasan iPad 3 ditarik dan digantikan dengan iPad 4.
via Kompas.com

No comments:

Post a Comment